STRUKTUR KURIKULUM PAUD
TK "MEKAR SARI"
Bidang/Aspek
Perkembangan
|
Ranah
Pengembangan
|
Alokasi
Waktu
|
|
Kompetensi
Inti
|
Kompetensi
Dasar
|
||
Nilai Moral
dan Agama
|
KI. 1: Menerima ajaran agama yang dianutnya
KI. 2:
Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis,
percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu bekerjasama, mampu
menyesuaikan diri, jujur, dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga,
guru, dan teman.
KI. 3: Mengenal diri, keluarga, teman, guru,
lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain, dan
satuan PAUD dengan cara mengamati dengan indera (melihat, men-dengar,
menghidu, me-rasa, meraba), mena-nya, mengumpulkan informasi, mengolah
informasi/mengasosiasikan, dan mengkomu-nikasikan melalui kegiatan main
KI 4: Menunjukkan yang diketahui, dirasakan,
dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, music, gerakan, dan karya secara
produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia.
|
1.1. Mempercayai
adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya
|
Alokasi
waktu pembelajaran dalam seminggu sebanyak 6 hari @ 3 jam @ 60 menit
|
1.2. Menghargai
diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada
Tuhan.
|
|||
Motorik
|
2.1. Memiliki
perilaku yang mencerminkan hidup sehat
|
||
2.2. Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
|
|||
2.3. Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap kreatif
|
|||
2.4. Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap estetis
|
|||
2.5. Memiliki perilaku
yang mencerminkan sikap percaya diri.
|
|||
Sosial
Emosional
|
2.6. Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk
melatih kedisiplinan
|
||
2.7. Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap sabar (mau menunggu giliran, mau mendengar
ketika orang lain berbicara) untuk melatih kedisiplinan
|
|||
2.8. Memiliki
perilaku yang mencerminkan kemandirian
|
|||
2.9. Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika diminta
bantuannya
|
|||
2.10. Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap kerja sama
|
|||
Kognitif
|
2.11. Memiliki
perilaku yang dapat menyesuaikan diri
|
||
2.12. Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap jujur
|
|||
2.13. Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap santun kepada orang tua, guru, dan teman
|
|||
3.1. Mengenal
kegiatan beribadah sehari-hari
|
|||
3.2. Mengenal
perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia
|
|||
3.3. Mengenal
anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan
motorik halus
|
|||
3.4. Mengetahui
cara hidup sehat
|
|||
3.5. Mengetahui
cara memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif
|
|||
3.6. Mengenal
benda -benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara,
tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
|
|||
3.7. Mengenal
lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya,
transportasi)
|
|||
3.8. Mengenal
lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
|
|||
3.9. Mengenal
teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan
pertukangan, dll)
|
|||
3.10. Memahami
bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
|
|||
3.11. Memahami
bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
|
|||
3.12. Mengenal
keaksaraan awal melalui bermain
|
|||
3.13. Mengenal
emosi diri dan orang lain
|
|||
3.14. Mengenali
kebutuhan, keinginan, dan minat diri
|
|||
3.15. Mengenal
berbagai karya dan aktivitas seni
|
|||
|
4.1. Melakukan
kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
|
||
4.2. Menunjukkan
perilaku santun sebagai cerminan akhlak mulia
|
|||
4.3. Menggunakan
anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
|
|||
4.4. Mampu
menolong diri sendiri untuk hidup sehat
|
|||
4.5. Menyelesaikan
masalah sehari-hari secara kreatif
|
|||
4.6. Menyampaikan
tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna,
bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
melalui berbagai hasil karya
|
|||
4.7. Menyajikan
berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll
tentang lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah,
budaya, transportasi)
|
|||
4.8. Menyajikan
berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll
tentang lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
|
|||
|
4.9. Menggunakan
teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan
pertukangan, dll) untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya
|
||
4.10. Menunjukkan
kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
|
|||
4.11. Menunjukkan
kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non
verbal)
|
|
||
4.12. Menunjukkan
kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya
|
|||
4.13. Menunjukkan
reaksi emosi diri secara wajar
|
|||
4.14.
Mengungkapkan kebutuhan, keinginan dan minat diri dengan cara yang tepat
|
|||
4.15. Menunjukkan
karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar